Ini Istimewanya Dusun Butuh Magelang, Nepal-nya Indonesia

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxIEAopYWd0u7K1nzKKKZ-BrG41BAE2Odw-o8c70i6moi_lAhiGWDH-tnZk4oRweFV4CfgGLF8D4XkN1BVBPxvgT407Y4Sxv_P6bk7GVixVVUEsoWDtAVvMkv_qdpCoqWV5i3bGIjmWRGF/s1350/Dusun+Butuh%252C+Kaliangkrik+Magelang.jpg 

POSAKTUAL.COM - Ibu pertiwi menyimpan keindahan alam yang seakan tidak ada habisnya. Tak terhitung banyaknya destinasi unik di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi, salah satunya adalah Dusun Butuh di Magelang, Jawa Tengah.

Dijuluki sebagai "Nepal Van Java", desa ini memiliki kontur yang unik dengan susunan rumah yang bertumpuk di lereng Gunung Sumbing. Alhasil, pemandangannya menyerupai pemukiman yang berada di pegunungan Himalaya.
 
Berlokasi di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, dusun ini disebut-sebut sebagai dusun tertinggi di Kabupaten Magelang dengan ketinggian 1.700 mdpl.

Karena lokasinya yang cukup tinggi, dusun ini memiliki pemandangan yang cantik berupa pegunungan dan persawahan hijau yang membentang sejauh mata memandang. Desa ini juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Sumbing yang merupakan puncak tertinggi ketiga di Pulau Jawa.

Untuk pergi ke Dusun Butuh, akan lebih mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Jika berangkat dari Yogyakarta, Anda bisa mengarah langsung ke Magelang menuju Pasar Kaliangkrik. Kemudian, belok ke kanan ke arah basecamp Kaliangkrik. Jika Anda berangkat dari Semarang, butuh waktu sekitar 2,5 jam berkendara untuk mencapai Dusun Butuh.

Jika Anda memutuskan untuk berkunjung ke dusun ini, waktu yang paling disarankan adalah saat pagi hari di musim panas. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemukiman warga ala Nepal, sekaligus melihat pemandangan sunrise atau sunset.

Kini, pihak dusun tengah mengelola dan menata ulang kawasan ini agar lebih menarik. Salah satu yang dikembangkan adalah Taman Depok yang merupakan sanggar kesenian sekaligus tempat bersantai dan spot untuk berfoto.

Kini, keberadaan Dusun Butuh banyak dicari para pemburu foto karena pemandangannya yang Instagrammable. Tempat ini pun mendadak naik daun dan menjadi destinasi wisata selfie.

Anda juga akan disambut dengan ramah oleh warga Dusun Butuh. Tetapi di kala pandemi seperti ini, jangan lupa untuk menaati peraturan yang berlaku. Selalu kenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya, ya![detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam