Temukan Koin Kuno dari Abad ke 2 SM, Seorang Pensiunan Polisi Kaya Mendadak - POSAKTUAL.com -->

Temukan Koin Kuno dari Abad ke 2 SM, Seorang Pensiunan Polisi Kaya Mendadak

Temukan Koin Kuno dari Abad ke 2 SM, Seorang Pensiunan Polisi Kaya Mendadak 

POSAKTUAL.COM - Seorang pensiunan polisi berhasil menemukan koin kuno yan berasal dari abad kedua sebelum masehi di Rumania pada Sabtu 13 Maret 2021 lalu.

Koin tersebut ditemukan di desa Radomiresti, sekitar 150 kilometer di sebelah barat ibu kota, Bukares oleh seorang pensiunan polisi, Paul Duca. Koin tersebut diperkirakan berasal dari167 dan 149 SM.
 
Koin tersebut ternyata berasal dari kerajaan kuno Makedonia. Kesimpulan itu didasarkan pada hasil otentikasi yang dilakukan pihak berwenang.
 
Koin atau tetradrachms yang ditemukan, semuanya memiliki prasasti karakteristik khas koin yang dicetak di kerajaan kuno Makedonia (Makedonia). Koin-koin itu dihiasi dengan motif daun ek dan dicap dengan tulisan “Μακεδόνων Πρώτης” atau “Makedonia dulu”.

Menurut Gabriel Vandervort dari AncientResource.com, koin identik dicetak antara 167 dan 149 SM di percetakan Amphipolis.
 
Koin-koin itu dibuat dari perak di bawah pendudukan Romawi dan di satu sisi terdapat tulisan “Makedonia pertama” dan kepala dewa atau raja di sisi lain. Sebuah petir berada tepat di sebelah kiri prasasti dan klub dongeng Heracles (Hercules) memotong di antara tulisan itu.
 
Secara total, Mr Duca menemukan 68 koin di Radomiresti, Olt County tersebut dinilai telah berhasil menemukan harta karun setidaknya senilai £ 19.040.

Hal tersebut didasarkan pada harga jual koin dengan jenis sama di situs web kolektor dan dealer barang antik dengan harga masing-masing ratusan poundsterling. Bahkan, Londoncoins.co.uk, misalnya, mencantumkan tetradrachm dengan wajah dewi Yunani Artemis seharga £ 280.

Penemuan itu dibagikan di Facebook, di mana polisi setempat mengatakan bahwa pensiunan polisi berwenang untuk membawa detektor logam.

Setelah Duca menggali kumpulan koin pertama, dia memberi tahu polisi terdekat tentang penemuannya yang luar biasa. “Setelah menghitung dua puluh koin kuno , saya berhenti dan menelepon pihak berwenang,” demikian dikutip Media Rumania mengutip ucapan polisi tersebut sebagaimana dikutip dari sindonews.com (20/4/21).
 
Menurut pemberitaan sebelumnya penemuan tersebut merupakan kali kesekian warga berhasil menemukan tumpukan koin kuno.

Sebelumnya, seorang pengamat burung di Inggris juga berhasil menemukan era Romawi dan Celtic senilai lebih dari £ 800.000 pada awal tahun ini. Tepatnya di daerah Inggris Timur, seorang pengamat burung berhasil menemukan harta karun tahun 40 atau 50 Masehi berupa 1.300 koin kuno. [idtoday]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close