4 Cara Mudah untuk Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah - POSAKTUAL.com -->

4 Cara Mudah untuk Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah

4 Cara Mudah untuk Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah    

POSAKTUAL.COM - BISA dibilang, kebutuhan manusia modern saat ini akan internet sangatlah erat. Tak heran, internet cepat menjadi salah satu hal yang membuat bahagia banyak orang. Akan tetapi, tidak jarang muncul masalah umum terkait pemakaian internet, misalnya sinyal lemah yang membuat kecepatan akses internet menjadi lambat.

Terkhusus bagi Anda yang di rumah memakai WiFi dan mendapati masalah sinyal lemah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan sinyal WiFi. Sebelum melihat solusinya, Anda sebaiknya perlu mengecek beberapa penyebab sinyal WiFi menjadi lemah dan membuat internet pun lemot.

Penyebab Sinyal WiFi Lemah

Ada banyak faktor yang menyebabkan jaringan WiFi lemah dan bermasalah. Apa saja?

Posisi Router Tidak Sesuai

Satu faktor yang mungkin tidak disadari kebanyakan orang saat menghadapi masalah WiFi lambat adalah peletakkan router yang tidak sesuai. Anda sebaiknya tidak menaruh router di ruangan tertutup, lantai, atau berdekatan dengan elektronik rumah tangga. Pasalnya, penempatan di lokasi-lokasi tersebut dapat menghambat distribusi sinyal WiFi ke berbagai area di rumah Anda.

Pengguna WiFI yang Terlalu Banyak

Semakin banyak pengguna WiFi, maka kecepatan akses internet antarpengguna juga semakin berkurang. Untuk masalah ini, bukan sinyal WiFI yang bermasalah, tetapi terbaginya bandwith yang semakin besarlah yang membuat internet terasa lambat.

Berada di Dead Zone

Anda perlu tahu bahwa kebanyakan router memiliki batas jarak distribusi sinyal. Terkait hal ini, ada yang namanya dead zone, alias area yang tidak mampu dijangkau sinyal WiFi router Anda. Boleh jadi rumah Anda bertingkat, sehingga sangat mungkin banyak titik dead zone apabila di rumah hanya ada satu router. Solusinya, Anda bisa memasang wifi extender untuk memperluas dan menguatkan sinyal di area yang tergolong dead zone.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah

Paham akan masalah yang menjadi penyebab lemotnya internet di rumah akan memudahkan Anda melakukan problem solving. Nah, di luar faktor-faktor penyebab yang telah kita bahas, Anda juga bisa menerapkan cara-cara berikut untuk mengeuatkan sinyal WiFi.

1. Cek Antena Router

Router biasanya memiliki antena di bagian belakang atau samping, tergantung modelnya. Anda bisa menggerakkan atau mengubah arah/posisi antena tersebut guna mengoptimalkan pendistribusian sinyal yang kuat dan luas. Selain itu, sebaiknya Anda meletakkan router di atas meja, bukan di lantai atau tanah yang kurang optimal dalam menyebarkan sinyal ke seluruh penjuru ruangan.

2. Ganti Router

Ini adalah opsi termudah yang bisa Anda lakukan, namun butuh waktu. Perangkat router yang sudah kurang mendukung dapat membuat persebaran sinyal tidak optimal, serta kekuatan sinyal pun buruk. Anda bisa menghubungi pihak ISP untuk meminta pergantian router.  Namun biasanya, akan ada pungutan biaya untuk pergantian router ini.

WiFi yang lemot kerap kali menurunkan produktivitas seseorang. Oleh karenanya, apabila Anda mendapati pengalaman serupa, segera terapkan solusi-solusi yang telah diulas pada artikel ini. Selain itu, Anda juga disarankan mengganti ISP apabila ISP yang Anda gunakan memang kurang berkualitas. [gelora]


Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close