Air Pasang Laut Naik Dampak Gerhana, Banjir Rob Rendam Jalan Kalimas Surabaya

Air Pasang Laut Naik Dampak Gerhana, Banjir Rob Rendam Jalan Kalimas Surabaya 

POSAKTUAL.COM - Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon Rabu (26/5) malam berakibat terjadinya banjir rob di pesisir Surabaya.

Pagi ini, banjir rob menggenangi Jalan Kalimas Baru arah ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno mengatakan banjir mulai pukul 09.00 WIB. Sutarno menyebut ketinggian banjir rob ini kurang lebih 40 cm.

"Telah terjadi banjir rob di Jalan Kalimas Baru arah Pelabuhan Tanjung Perak sejak pukul 09.00 WIB. Banjir dengan ketinggian 40 cm," ungkap Sutarno saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Kamis (27/5/2021).

Sutarno menambahkan pihaknya telah mengimbau peringatan dini terjadinya banjir rob di pesisir Surabaya hingga Jawa Timur. Pihaknya memprakirakan banjir akan surut siang nanti.

"Sudah kita sampaikan peringatan dini dari tanggal 25 Mei disampaikan akan terjadi banjir mulai tanggal 26 hingga 29 Mei. Jadi banjir dimulai jam 09.00 sampai 11.30 WIB," imbuh Sutarno.

Di kesempatan yang sama, Sutarno mengimbau pengguna jalan agar menghindari Jalan Kalimas Baru ini untuk sementara. Karena, kendaraan yang melintas di banjir rob pelan-pelan hingga mengakibatkan macet.

Sangat mengganggu transportasi khususnya sepeda motor, di jalan ini juga macet. Diimbau masyarakat yang menggunakan sepeda motor agar menghindar," imbaunya.
Sebelumnya, Prakirawan BMKG Klas II Maritim Tanjung Perak Surabaya, Prasetyo Umar Firdianto menjelaskan adanya super blood moon turut mempengaruhi ketinggian pasang surut air laut. Di mana posisi bulan, bumi dan matahari yang sejajar akan mengakibatkan gaya tarik terhadap air laut lebih tinggi. Sehingga terjadi pasang air laut lebih tinggi. Prasetyo menyebut hal ini bisa menyebabkan banjir rob.

"Pengaruhnya terhadap pasang surut air laut, berdampak pada banjir rob di wilayah pesisir Surabaya," ungkap Prasetyo kepada detikcom di Surabaya, Rabu (26/5/2021).

Wilayah pesisir yang berpotensi terdampak yakni di pesisir Surabaya barat, Pelabuhan Surabaya, pesisir Surabaya timur hingga pesisir Sidoarjo dan Pasuruan. Dampak banjir rob diprakirakan terjadi hingga 29 Mei 2021 pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Sementara untuk ketinggian banjir rob, diprakirakan mencapai 10 hingga 20 cm.(detik)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam