Cerita Emak-emak di Kediri Ngaku Temukan Telur Ayam Palsu - POSAKTUAL.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Emak-emak di Kediri Ngaku Temukan Telur Ayam Palsu

Seorang ibu di Kediri menemukan telur ayam yang diduga palsu. Video temuan itu pun sempat beredar melalui WhatsApp. 

POSAKTUAL.COM - Sebuah video seorang ibu di Kediri temukan telur ayam diduga palsu, viral di aplikasi WhatsApp. Video berdurasi satu menit itu memperlihatkan sejumlah telur ayam dalam kondisi terpecah. Isinya tampak kental menyerupai jel.

"Nah, ini masa telur bisa seperti ini, ini seperti tisu," ucap seorang ibu-ibu dalam video tersebut, seperti yang dilihat detikcom, Minggu (16/5/2021).

Video lainnya berdurasi 4 menit 27 detik menunjukkan sejumlah telur terpecah dan isinya mengeras seperti es krim.
 
"Ini ternyata saya menemukan benar-benar menemukan telur yang mungkin dikatakan telur palsu ini. Ya tadi kita mau bikin ceplok telor dan kita buka ternyata masyaallah seperti ini. Kalau telur ditaruh kulkas itu tidak akan beku. Tapi ini beku ini dia. Mohon untuk pihak berwajib, saya sisakan telurnya untuk bukti," ucap perempuan dalam video tersebut.

Hasil penelusuran detikcom, penemuan telur ayam palsu itu terjadi di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Kini pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan.

Kasat Reskrim Polres Kediri Kota Iptu Grindra Wardhana membenarkan soal temuan tersebut. Bahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Disperdagin Kota Kediri untuk uji lab.

"Iya benar, kami telah memonitor hal tersebut dan dilaksanakan langkah koordinasi bersama Disperdagin Kota Kediri, dan akan diambil sampel telur ayam untuk diserahkan ke Dinas Kesehatan Kota Kediri untuk Uji lab. Kami juga tentu saja akan menyelidiki terkait temuan tersebut apakah benar telur palsu atau hanya dugaan," kata Iptu Girindra, Minggu (16/5/2021).

Penemuan telur ayam palsu ini pertama kali dilaporkan oleh Linda Agustini, warga Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Awalnya ia mengaku membeli 1 kg telur ayam dari pedagang kaki lima dan memasukkan ke dalam kulkas.

"Saya masukkan ke dalam kulkas bagian bawah, bukan freezer. Setelah lima hari saya pecahkan tidak bisa, keras sekali. Cangkangnya bahkan bisa diiris pakai pisau," kata Linda.
 
Ia menambahkan, selain cangkang yang sulit dipecahkan, putih dan kuning telur juga mencair dan bercampur menjadi satu. Tidak seperti telur ayam pada umumnya. Bahkan dari dalam telur keluar cairan bening yang kemudian mengeras seperti lem. Kulit ari yang berada di dalam cangkang juga kenyal saat ditarik.

"Karena khawatir berdampak pada kesehatan, telur itu tidak jadi dimasak. Apalagi sempat ada kabar telur palsu beberapa waktu lalu. Saya beli seharga Rp 19 ribu/kg," imbuh Linda.[detik]

Iklan Atas Artikel
Iklan Tengah Artikel 1
Iklan Tengah Artikel 2
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close