Heboh Penggali Sumur Temukan Batu Safir Rp 1,4 T, Ini 3 Faktanya

Heboh Penggali Sumur Temukan Batu Safir Rp 1,4 T, Ini 3 Faktanya 

POSAKTUAL.COM - Sebuah harta karun berupa batu safir bintang ditemukan oleh seorang penggali sumur di Sri Lanka. Seorang pedagang permata mengatakan batu itu ditemukan oleh pekerja yang sedang menggali sumur di rumahnya di daerah Ratnapura yang kaya permata.

detikcom merangkum beberapa fakta menarik soal temuan permata tersebut, yakni sebagai berikut:

1. Bernilai Rp 1,4 T

Para ahli mengatakan batu berwarna biru pucat itu diperkirakan bernilai US$ 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun (kurs: Rp 14.000/US$) di pasar internasional. Demikian detikcom kutip dari BBC, Kamis (29/7/2021).

"Orang yang menggali sumur memberi tahu kami tentang beberapa batu langka. Kemudian kami menemukan spesimen besar ini," kata Gamage, pemilik batu itu kepada BBC.

2. Batu Safir Terbesar Dunia

Batu safir bintang tersebut diklaim sebagai yang terbesar di dunia, setidaknya yang berhasil ditemukan sejauh ini.

Batu safir bintang tersebut memiliki berat sekitar 510 kilogram atau 2,5 juta karat dan diberi nama "Serendipity Sapphire".

"Ini adalah spesimen safir bintang khusus, mungkin yang terbesar di dunia. Mengingat ukuran dan nilainya, kami pikir itu akan menarik minat kolektor pribadi atau museum," kata Thilak Weerasinghe, Ketua Otoritas Permata dan Perhiasan Nasional Sri Lanka.

3. Sri Lanka Eksportir Permata

Sri Lanka adalah pengekspor safir dan permata berharga lainnya. Tahun lalu, negara itu memperoleh sekitar setengah miliar dolar melalui ekspor permata, berlian potong, dan perhiasan.

Temuan batu safir terbesar di dunia itu muncul ketika industri permata Sri Lanka telah menderita kerugian akibat lockdown yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Mereka yang bekerja di industri berharap temua tersebut akan menarik pembeli dan pakar internasional, meskipun batu itu belum dianalisis dan disahkan oleh pakar internasional independen.(detik)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam