Imunitas Jadi Kunci Pertahanan Tubuh dari Varian Delta - POSAKTUAL.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Imunitas Jadi Kunci Pertahanan Tubuh dari Varian Delta

Ilustrasi olahraga lari. 

POSAKTUAL.COM - Kasus COVID-19 di Indonesia saat ini tengah meningkat tajam. Varian baru, yaitu delta disebut menjadi salah satu penyebab meningkatnya COVID-19 di Tanah Air.

Data per 30 Juni 2021, total kasus positif di Indonesia bertambah sebanyak 21.807 dan kini total kasus positif sudah mencapai 2.178.272 kasus. Oleh sebab itu, menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi prima dan sehat menjadi hal penting untuk diperhatikan.

Lalu bagaimana cara menjaga tubuh untuk tetap prima dan fit di tengah pandemi yang sedang meningkat ini? Berikut adalah beberapa di antaranya dilansir dari Healthline.

Tidur yang Cukup

Tidur dan kekebalan tubuh mempunyai keterkaitan yang erat. Kualitas tidur yang kurang juga dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit. Dalam sebuah penelitian pada 164 orang dewasa yang sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam lebih memungkinkan terkena flu daripada mereka yang tidur 6 jam atau lebih.
  
Karenanya, orang dewasa harus berusaha untuk mendapatkan 7 jam atau lebih tidur setiap malam, sementara remaja membutuhkan 8-10 jam dan anak-anak hingga 14 jam.

Olahraga Ringan

Cobalah untuk olahraga ringan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Studi menunjukkan, satu sesi olahraga ringan dapat meningkatkan efektivitas vaksin pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

Contoh olahraga sedang tersebut antara lain, jalan cepat, bersepeda stabil, jogging, berenang, dan hiking ringan. Lakukanlah olahraga-olahraga tersebut setidaknya 150 menit per minggu.

Mengonsumsi Makanan Nabati

Mengonsumsi makanan nabati utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan, kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu melawan patogen berbahaya.

Antioksidan dalam makanan ini dapat membantu mengurangi peradangan dengan memerangi senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas. Selain itu, buah-buahan dan sayuran kaya akan nutrisi seperti vitamin C, yang dapat mengurangi durasi flu biasa.

Jahe Merah

Anda juga dapat mengonsumsi jahe merah sebagai bahan yang banyak dikonsumsi ketika orang mengalami sakit. Tanaman rimpang ini juga memiliki kandungan anti radang yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan.

Bahan makanan ini juga bisa diolah sebagai kudapan dan juga minuman yang enak, seperti kue jahe merah, roti jahe merah, hingga minuman khas Indonesia yaitu wedang jahe merah. Bahkan, jahe merah juga kerap dikonsumsi oleh Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.
 
Selain itu, baru-baru ini juga terdapat video viral di media sosial dari seorang ibu yang menceritakan pengalamannya saat merawat anaknya yang terkena COVID-19. Dalam unggahan viral tersebut, sang ibu memberikan tips sederhana untuk melegakan pernapasan dan menjaga daya tahan tubuh dengan 3 bahan dasar yakni madu, perasan air jeruk lemon, dan Bejo Jahe Merah.

Unggahan viral tersebut meraih respons positif dari warganet, khususnya mereka yang sudah merasakan khasiat dari Bejo Jahe Merah. Produk ini mengandung jahe merah yang ampuh melegakan tenggorokan dan sistem pernapasan. Selain itu, kandungan dalam produk Bejo Jahe Merah juga diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.[detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close