BLT BBM Atau BSU Tahap III Cair Besok, Ini Caranya Agar Rp 600.000 Masuk Rekeningmu


 POSAKTUAL.COM - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan menyalurkan BLT gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap III Rp 600 ribu. Adapun rencananya pencairan BLT BBM atau BSU tahap III ini akan dilakukan besok.

Sebelumnya Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Dita Indah Sari menyampaikan bahwa penyaluran BLT BBM atau BSU tersebut kemungkinan dimulai pada Selasa depan. "Belum (target waktu penyaluran). Tapi hari Selasa ya sangat mungkin sih," ujar Dita.


Lebih lanjut ia mengatakan, data calon penerima BLT gaji atau BSU tahap III ini ditargetkan BPJS sebanyak 3-4 juta orang. Setelah diterima Kemnaker, ada beberapa tahap yang perlu diselesaikan sebelum BLT gaji atau BSU tahap III disalurkan.


"Setelah data kita terima dari BPJS TK, maka data itu kita cleansing dulu. Dipadankan dengan penerima bantuan sosial lain (BLT Kemensos, kartu pra kerja, PKH dll). Juga dipilah agar tidak terikut ASN, TNI dan Polri di dalamnya," terang Dita.


Langkah ini diambil, jelas Dita, untuk mencegah agar nantinya tidak terjadi duplikasi penerima bansos. Setelah itu, barulah BLT gaji atau BSU tahap III bisa diteruskan.


"Setelah clean and clear barulah dikirimkan ke KPPN untuk diteruskan kepada bank penyalur. Tujuannya agar tidak ada duplikasi penerima bansos. Yang sudah dapat BLT ya tidak bisa dapat BSU dan seterusnya," jelasnya.


Di sisi lain, perlu diingat bahwa proses pencairan BLT BBM atau BSU Tahap III hanya dapat dilakukan oleh peserta yang terdaftar. Dengan demikian, agar Rp 600 ribu tersebut bisa masuk rekeningmu, kamu harus terdaftar sebagai penerima terlebih dahulu.


Sedangkan untuk mengecek apakah nama kamu masuk sebagai penerima BLT BBM atau BSU tahap III dapat mengakses bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id dan ikuti panduannya. Atau, kamu juga bisa ikuti langkah sebagai berikut.


Langkah-langkah Cek Penerima BLT BBM atau BSU Tahap III:

1. Kunjungi website kemnaker.go.id


2. Daftar akun apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.


3. Masuk/Login ke dalam akun Anda.


4. Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi.


5. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi "Kamu terdaftar sebagai calon penerima BSU 2022" jika terdaftar sebagai penerima manfaat BSU tahap 3.


Sebagai catatan, notifikasi akan menyesuaikan tahapan penyerahan data calon penerima BLT gaji atau BSU tahap III dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.


Sedangkan untuk pencairan BLT BBM atau BSU Tahap III agar Rp 600 ribu tersebut masuk ke rekeningmu akan dilakukan melalui bank Himbara. Namun bagi mereka yang tidak memiliki rekening di bank Himbara, tahun ini pemerintah telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam melakukan pencairannya.[detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam