KPK Balik Ngegas ke Lukas Enembe Perihal Tambang Emas


POSAKTUAL.COM - Perkara yang membelit Gubernur Papua Lukas Enembe tersangka KPK terus bergulir. Lukas yang mengaku punya tambang emas di Papua kini balik digas oleh KPK.

Dirangkum detikcom, Selasa (27/9/2022), perihal tambang emas milik Lukas awalnya disinggung oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwati. Saat itu, Alex menawarkan penghentian kasus jika Lukas bisa membuktikan sumber uang ratusan miliar rupiah yang ditemukan PPATK bukan dari hasil korupsi.


"KPK berdasarkan UU yang baru ini bisa menghentikan penyidikan dan menerbitkan SP3, kalau nanti dalam proses penyidikan Pak Lukas bisa membuktikan dari mana sumber uang yang puluhan, ratusan miliar, tersebut," kata Alex saat jumpa pers di Kemenko Polhukam, Senin (19/9).


"Misal Pak Lukas punya usaha tambang emas, ya, sudah pasti nanti kami akan hentikan, tapi mohon itu diklarifikasi, penuhi undangan KPK, panggilan KPK untuk diperiksa," imbuhnya.

 

Alex juga menepis narasi terkait upaya kriminalisasi dalam penetapan tersangka Lukas. KPK juga menegaskan, dalam proses penyelidikan, KPK tidak hanya menduga Lukas melakukan korupsi Rp 1 miliar, tapi angka itu keluar karena hanya angka itu yang bisa diklarifikasi KPK.


Alex juga menyebut KPK saat ini terus mengembangkan kasus ini. Dia berharap Lukas kooperatif.


Lukas Enembe Klaim Punya Tambang

Lukas Enembe melalui salah satu kuasa hukumnya menegaskan tentang kepemilikan tambang emas. Bahkan Lukas bersedia mengajak KPK ke lokasi tambang emas itu.


"Jadi begini, itu kan dimulai dengan pernyataan bahwa kalau Pak Lukas bisa membuktikan dia punya tambang emas, maka Pak Lukas bisa dibebaskan. Itu artinya dia mau pakai pembuktian terbalik," ucap Stefanus Roy Rening selaku salah satu kuasa hukum dari Lukas Enembe dalam jumpa pers di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (26/9).[detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam