Dialami Carlo Saba Sebelum Meninggal, Waspadai Penyebab Serangan Jantung

 

POSAKTUAL.COM - Salah satu vokalis Kahitna, Carlo Saba, meninggal dunia pada Rabu (19/4/2023) malam di salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan. Ia tutup usia akibat serangan jantung, sempat mengeluhkan gejala nyeri.

"Memang kemarin itu ada keluhan nyeri dada. Jadi memang kemarin dilakukan proses EKG dan hasilnya memang ada satu penyumbatan ditambah serangan gitu," kata adik Carlo, Ivan Saba saat ditemui di Rumah Duka Sentosa, Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

Carlo Saba belum sempat mendapat pertolongan dari dokter. Hal ini dikarenakan saat itu dokternya dikatakan masih berada di jalan.

"Dokternya sedang menuju ke rumah sakit untuk mengambil tindakan, tetapi Carlo-nya sudah tiada," kata adik Carlo yang lain, Denny Saba.
 
Serangan jantung (myocardial infarction atau MI) adalah keadaan darurat medis yang serius saat suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat, biasanya oleh bekuan darah. Kurangnya darah ke jantung dapat merusak otot jantung secara serius, bahkan bisa permanen jika tak diobati.

Akibatnya, jantung dapat berhenti berdetak yang mengakibatkan kematian. Adapun penyebab serangan jantung yang paling umum adalah penyakit arteri koroner. Pada penyakit ini, satu atau lebih arteri jantung (koroner) tersumbat.

Ini biasanya karena endapan yang mengandung kolesterol yang disebut plak. Plak dapat mempersempit arteri, mengurangi aliran darah ke jantung. Jika plak pecah, itu dapat menyebabkan pembekuan darah di jantung.

Selain itu, penyebab serangan jantung lainnya, seperti:

  • Spasme arteri koroner. Ini adalah tekanan parah pada pembuluh darah yang tidak tersumbat. Arteri umumnya memiliki plak kolesterol atau ada pengerasan pembuluh darah dini akibat merokok atau faktor risiko lainnya. Nama lain untuk kejang arteri koroner adalah angina Prinzmetal, angina vasospastik, atau angina varian.
  • Infeksi tertentu. COVID-19 dan infeksi virus lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada otot jantung.
  • Diseksi arteri koroner spontan (SCAD). Kondisi yang mengancam jiwa ini disebabkan oleh robekan di dalam arteri jantung.
[detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam