Ganti Oli Bayar Rp 2,7 Juta, Pelajaran Penting Pilih Bengkel Biar Tak Diketok Harga

 

POSAKTUAL.COM - Belakangan ini viral di media sosial sebuah bengkel yang mematok harga tidak wajar ke konsumen. Konsumen tersebut merasa ditipu karena dirinya hanya ingin mengganti oli motor, tetapi malah dimintai biaya sebesar Rp 2,7 juta oleh pihak bengkel yang terletak di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat itu.

Bahkan ketika pemilik motor skutik tersebut ingin membatalkan perbaikan tersebut, pemilik motor itu tetap dimintai biaya pemasangan sebesar Rp 450 ribu. Hal ini membuat pemilik motor terpaksa meninggalkan bengkel tersebut dengan motor yang belum dirakit menggunakan mobil pick up.

Belajar dari kejadian tersebut, sebenarnya terdapat beberapa tips agar para konsumen tidak tertipu oleh bengkel-bengkel 'nakal' yang mematok harga seenaknya.
 
Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah cara memilih bengkel yang terpercaya:

1. Cek Reputasi dan Kualitas Bengkel
Sebelum melakukan menyerahkan kendaraan ke bengkel, maka konsumen harus mengetahui terlebih dahulu terkait kualitas dan reputasi dari bengkel tersebut. Informasi ini bisa dengan mudah didapatkan dari internet, media sosial, atau testimoni pelanggan tentang pengalaman mereka menggunakan jasa bengkel tersebut.

2. Pastikan Bengkel Memiliki SOP yang Jelas dan Transparan
Standar operasional yang jelas juga bisa jadi pertimbangan sebelum memilih bengkel. Mulai dari cara pendaftaran, pelayanan, hingga penanganan kendaraannya.

bengkel yang memiliki SOP biasanya juga bisa melakukan pekerjaannya dengan baik dan sesuai. Mereka juga bisa mengetahui kerusakan dari kendaraan dan memberikan solusi yang tepat dan transparan untuk mengatasinya.
 
3. Pastikan Bengkel Memiliki Teknisi Profesional
Bengkel yang memiliki kualitas tinggi pastinya memiliki tenaga teknisi yang profesional dan berpengalaman. Konsumen dapat mengetahui profesionalitas teknisi dari cara kerja mereka, ciri-ciri dari teknisi yang telah banyak jam terbangnya adalah selalu mengajak diskusi pelanggan dan menjelaskan tentang kondisi bagian kendaraan yang akan diperbaiki.

4. Perhatikan Fasilitas dan Peralatan bengkel
Sebuah bengkel berkualitas biasanya memiliki fasilitas yang lengkap dan bersih, seperti ruang tunggu yang nyaman, toilet, area parkir luas hingga tersedia minuman dan cemilan. Selain itu, peralatan yang digunakan juga harus modern dan canggih agar dapat melakukan diagnosis dan perbaikan secara akurat.

5. Bandingkan Harga Jasa dan Suku Cadang dari Bengkel Lainnya
Sebelum memutuskan untuk mengambil tindakan perbaikan di suatu bengkel, ada baiknya agar konsumen melakukan survei terlebih dahulu untuk membandingkan harga jasa dan suku cadang dari bengkel atau pihak lainnya yang bisa dicari melalui internet. Jangan tergiur dengan harga murah, tetapi mengorbankan kualitas.

Memang pada umumnya pemilik kendaraan sangat disarankan untuk melakukan perbaikan dan servis rutin di bengkel resmi sesuai jenis dan merek kendaraan. Namun, tidak jarang bahwa motor bisa mengalami masalah secara tiba-tiba ketika sedang digunakan, ini lah yang membuat beberapa pengendara terpaksa memilih bengkel umum yang banyak tersebar di pinggir jalan.[detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam