FORJIM Akan Gelar Munas II



POSAKTUAL.COM -  Masa khidmat Pengurus Pusat Forum Jurnalis Muslim (PP Forjim) Periode 2018-2021 secara resmi telah berakhir pada awal Januari 2021 lalu. Pengurus pun telah mengagendakan untuk menggelar Musyawarah Nasional (Munas) II pada bulan lalu.

Namun, karena Ketua Umum Forjim Dudy Sya’bani Takdir menurut hasil swab test dinyatakan positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri selama hampir sebulan, maka agenda Munas II diundur. Hingga akhirnya, pengurus menyepakati untuk menggelar Munas pada Ahad, 28 Februari 2021. Munas Forjim ke-2 ini mengusung tema “Mengukuhkan Peran Jurnalis Muslim sebagai Katalisator Kebangkitan Umat.”

“Masa kepengurusan saya sudah habis, agar organisasi ini terus berjalan dan ada regenerasi kepemimpinan, maka kami tidak menunda-nunda lagi untuk segera menggelar Munas,” kata Dudy dalam keterangannya, Jumat malam, 26 Februari 2021.

Karena saat ini dalam situasi pandemi COVID-19, maka Munas II Forjim akan diselenggarakan secara virtual (hybrid). Hanya pengurus pusat saja yang akan bertemu secara fisik dengan protokol kesehatan yang ketat.

Berbeda dengan Munas pertama, pada awal Januari 2018 silam, Munas kali ini agenda utamanya hanya dua. Penyampaian laporan pertanggungjawaban PP Forjim Periode 2018-2021 dan pemilihan ketua umum untuk periode berikutnya.

“Dengan banyak pertimbangan, kita mempersingkat waktu Munas. Jadi agenda Munas cukup dua saja, itu agenda inti,” jelas Dudy.

Terkait peserta Munas, Dudy juga mengungkapkan ada perbedaan dengan Munas pertama. Jika pada Munas I peserta penuh Munas adalah seluruh anggota Forjim, maka pada Munas II dengan merujuk pada Anggaran Rumah Tangga (ART) peserta penuh adalah pengurus pusat yang aktif dalam periode sebelumnya, pengurus wilayah dan pengurus cabang. Sedangkan, anggota biasa, Dewan Penasihat dan Majelis Etik akan diundang sebagai peserta peninjau.

Dudy berharap Munas II Forjim dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana dan menghasilkan keputusan terbaik untuk perjalanan jurnalis Muslim tiga tahun ke depan. Termasuk siapapun yang akan terpilih sebagai ketua umum mendatang.

“Sesuai temanya, kita ingin agar jurnalis Muslim mengukuhkan dirinya sebagai katalisator untuk kebangkitan umat. Termasuk bangkit dari pandemi sekarang ini,” kata dia.

Secara teknis, Ketua Pelaksana Munas II Forjim Robigusta Suryanto, mengatakan panitia telah siap untuk menggelar Munas. Apalagi secara teknis, Munas kali ini tergolong mudah, simpel dan sederhana. Waktunya juga tidak lama.

“Nanti kita akan dibantu oleh Pantjaran.id untuk menyiapkan Munas secara virtual ini,” kata Robi. []

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam