Pendeta Gilbert: Ustaz Khalid Anda offside! Mohon maaf ustaz asal ngecap - POSAKTUAL.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendeta Gilbert: Ustaz Khalid Anda offside! Mohon maaf ustaz asal ngecap

  

POSAKTUAL.COM - Pendeta Gilbert Lumoindong tegur Ustaz Khalid Basalamah lho atas ceramahnya yang berisi umat Kristiani sembah patung.
 
Pendeta Gilbert mengatakan pernyataan Ustaz Khalid Basalamah soal umat Nasrani sekarang sembah patung adalah pemahaman yang sempit dan salah kaprah.
 
Untuk itu, dia meminta maaf respons serius apa yang disampaikan Ustaz Khalid Basalamah sangat mengganggu umat Nasrani.
 
Dalam Youtubenya, Pendeta Gilbert menunjukkan potongan video ceramah Ustaz Khalid Basalamah soal sembah patung di kalangan umat Nasrani.
 
"...ini kayaknya anak lahir tanpa ayah ini, berati ini anak Tuhan ini. Berarti supaya kita tidak lupa, kita buat patungnya, sekarang umat Nasrani banyak yang tidak sadar, sekarang mereka bukan lagi sembah Allah, bukan juga sembah Nabi Isa, tapi sembah apa? Patung, di taruh patung di situ, mengatakan itu patung Nabi Isa..." demikian potongan ceramah Ustaz Khalid Basalamah.
 
Pendeta Gilbert bilang Ustaz Khalid Basalamah keterlaluan lantaran berceramah yang isinya menyinggung umat Nasrani soal sembah patung bukan sembah Allah.
 
"Ini menurut saya, ustaz sudah offside, kenapa? karena ustaz sudah melewati batas ilmu yang ustaz kuasai," katanya dikutip dari Youtube Gilbert Lumoindong, Senin 6 Juni 2022.
 
Pendeta Kristen itu mengingatkan bukankah di dalam Islam, ada ajaran untuk tidak ngurusi agama lain kan, yaitu dalam Surat Al Kafirun.
 
"Ustaz pasti luar biasa hebat pengetahuan dalam dunia muslim dan seingat saya, di hukum dunia muslim atau kitab suci muslim yang saya hargai adalah (ajaran) untukmu agamamu untukku agamaku artinya kita diajar saling menghargai," katanya.
 
Pendeta Gilbert mengatakan apa yang disampaikan ustaz Khalid dalam ceramahnya itu, sangat sempit sekali pemahamannya.
 
Pemuka Kristen itu menilai Ustaz Khalid kurang belajar dan kurang pengetahuan soal Kekristenan.
 
"Ustaz kurang menggali kebenaran, asal ngecap, asal ngomong sehingga kesan bodoh sempit ini pemahamannya," jelas Pendeta Gilbert.
 
Umat Nasrani Tidak Sembah Patung
 
Nah meluruskan pemahaman dari ustaz Khalid, Pendeta Gilbert mengatakan di dalam iman Kristen, tidak ada tuh keyakinan menyembah patung.
 
"Jelas di dalam kitab suci kami, jangan menyembah Allah lain, jangan membuat bagimu patung dan sujud menyembahnya. Jadi dari sini jelas kita umat Kristen, maaf ya ustaz, kita tidak pernah sembah patung, patung Isa, patung Maria atau patung-patung ini," tegas Pendeta Gilbert.
 
Dengan pemahaman yang asal soal sembah patung itu, Pendeta Gilbert menilai Ustaz Khalid ini nggak paham soal iman Kristen bisa berdampak buruk bagi kerukunan umat beragama.
 
"Karena ustaz nggak ngerti, ustaz ngomong sembarangan, tapi asal ngecap, jadi begitu tanpa ustaz sadari ustaz telah menjadi alat provokasi dan telah memprovoasi umatnya sendiri sehingga dapat timbulkan friksi tak menyenangkan. Karena jika orang dianggap sembah patung, kan bisa dipersekusi dan lain lain, ini lah yang bahaya ustaz," kata Pendeta Gilbert.
 
Tegur Ustaz Khalid demikian, Pendeta Gilbert terpaksa karena sudah sudah mengusik umat Kristen. 
 
Untuk itu, berkali-kali dalam Youtubenya, Pendeta Gilbert memohon maaf banget.
 
"Saya sangat minta maaf harus beri tanggapan ini, karena saya merasa sudah waktunya tokoh agama mari kita bersama sama menebarkan kasih menebarkan kebersamaan Indonesia jadi jangan terus diacak acak diobok obok lah ustaz. Ustaz nggak mau kan agama ustaz diobok-obok gitu, saya juga rasanya gitu, mewakili umat Kristen nggak suka juga (dengan ceramah ustaz)," jelasnya. [hops] 
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close