LRT Jabodebek Diuji Coba Tanpa Masinis, Cibubur-Sudirman 33 Menit!

 

POSAKTUAL.COM - Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo bersama Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjajal LRT Jabodebek. Uji coba ini dilakukan dalam rangka mematangkan persiapan pengoperasian LRT Jabodebek yang ditargetkan beroperasi pada Juli 2023.
"Hari ini saya mengikuti uji coba LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti di Cibubur menuju Stasiun Dukuh Atas di Sudirman fully aotomatic GoA 3 tidak ada masinis dan semua berjalan lancar. Kita targetkan bulan Juli dapat beroperasi penuh," kata Kartika dalam keterangan tertulis, Rabu (1/3/2023).

Hingga akhir bulan Februari, progres pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 90,04%. Didiek menargetkan moda transportasi ini beroperasi pada Juli 2023.

"Hingga saat ini progres LRT Jabodebek sudah mencapai 90,04%. Kami semua optimis bahwa LRT Jabodebek beroperasi pada Juli 2023 sehingga segera dapat melayani masyarakat dan menjadi salah satu alternatif transportasi terbaik untuk mengurai kemacetan di wilayah Jabodebek," ujar Didiek.
 
Dalam uji coba ini digunakan lima trainset untuk mengetahui alur operasional LRT Jabodebek. Uji coba ini menggunakan metode Carousel. LRT Jabodebek berhenti di setiap stasiun dengan waktu berhenti sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Didiek menjelaskan uji coba menggunakan metode Carousel ini dilakukan untuk memonitoring akurasi pemberhentian kereta serta headway antar kereta.

Turut hadir Direktur Niaga KAI, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI, Kepala Divisi LRT Jabodebek, jajaran Adhi Karya, INKA, LEN, serta Kemenhub dalam uji coba tersebut. Uji coba dilakukan dari Stasiun Harjamukti melintasi 12 stasiun menuju Stasiun Dukuh Atas yang memiliki jarak 24,3 km dengan waktu tempuh 33 menit.

Pada kesempatan ini Kartika juga meninjau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Dukuh Atas yang akan menghubungkan Stasiun LRT Dukuh Atas dengan KRL, Kereta Bandara, serta MRT.[detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam