Viral Pemotor Disetop-Ditendang, Paspampres Jelaskan Kronologinya - POSAKTUAL.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viral Pemotor Disetop-Ditendang, Paspampres Jelaskan Kronologinya

Viral, Bikers Disetop-Ditendang Petugas Saat Ngegas di Sekitar Istana! 

POSAKTUAL.COM - Viral di media sosial rombongan pemotor diberhentikan dan dilumpuhkan oleh Paspampres saat melintasi Jl Veteran III, Jakarta Pusat. Rombongan pemotor tersebut dihentikan karena menerobos jalan yang ditutup dan tengah dilakukan instalasi pengamanan VVIP.

"Anggota Paspampres yang sedang melaksanakan tugas pengamanan instalasi di Kantor Wapres terpaksa melumpuhkan pengendara motor/komunitas motor yang sedang melaksanakan Sunday Morning Riding (Sunmori)karena memaksa menerobos Jalan Veteran III yang ditutup oleh pembatas jalan (cones)," kata Komandan Pasukan Pengaman Presiden (DanPaspampres), Mayjen TNI Agus Subiyanto, saat dikonfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Diketahui, Jalan Veteran III merupakan kawasan Ring 1, yang mana bersebelahan dengan kantor Wakil Presiden RI. Kejadian itu terjadi pada hari Minggu (21/2) pagi, saat itu sedang dilakukan instalasi pengamanan VVIP sehingga saat ada orang yang menerobos jalanan yang ditutup telah masuk kegiatan yang mengancam.

"Pengendara motor tersebut terpaksa harus dilumpuhkan oleh anggota Paspampres karena penerobosan tersebut merupakan tindakan pelanggaran batas Ring 1 dengan menggunakan alat berupa sepeda motor," ujar Agus.
 
Agus menuturkan, hal tersebut telah diatur dalam Buku Petunjuk Teknis Pam Instalasi VVIP yang disahkan oleh Keputusan Panglima TNI tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 59 Tahun 2013 tentang Pam VVIP. Agus menegaskan penindakan yang dilakukan terhadap pemotor itu dilakukan atas bentuk kewaspadaan terhadap ancaman.

"Tindakan anggota Paspampres tersebut merupakan bentuk kewaspadaan dalam melaksanakan tugas terhadap segala bentuk hakikat ancaman terhadap Instalasi VVIP," ungkapnya.

Sementara itu dihubungi terpisah Asisten Intelijen Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Letkol Inf Wisnu Herlambang, menyebut komunitas pemotor sunday morning riding (sunmori) itu sering melakukan aksi kebut-kebutan saat melintas di Jl Veteran III. Paspampres telah menandai komunitas tersebut, akan tetapi pada saat Minggu kemarin dilakukan tindakan terhadap pemotor itu karena menerobos cone yang menutup jalan karena sedang dilakukan instalasi pengamanan VVIP.

Pemotor yang ditindak tersebut menerobos dengan cara mengebut dan ada yang memakai knalpot bising. Sementara itu, di video yang viral terdapat anggota paspampres yang menendang pemotor itu, namun anggota paspampres tersebut tidak diberikan tindakan disiplin. Letkol Inf Wisnu mengatakan setelah diperiksa, anggota Paspampres itu telah sesuai prosedur.
 
"Kita tidak mau berandai-andai, pokoknya itu menerobos ring 1 sudah ditutup, kita lumpuhkan. Namun itu masih manusiawi, kan itu ditendang di videonya, nah itu masih manusiawi sebetulnya dalam SOP kita cara melumpuhkannya itu di tembak," ujarnya.

"Dia kita periksa, tapi dia sudah sesuai dengan prosedur ya, nggak ada pelanggaran ya, tidak ada tindakan disiplin," ujar Wisnu.

Kemudian pemotor itu diberi peringatan dan dikoordinasikan dengan kepolisian.

Diketahui, viral video di media sosial sekelompok motor yang melintas Jl Veteran III diberhentikan. Ada pula pemotor yang dilumpuhkan dengan cara ditendang.[detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close