Duh! Restoran Ini Pakai Sisa Daging Babi Bekas Untuk Buat Pesanan Bubur

Duh! Restoran Ini Pakai Sisa Daging Babi Bekas Untuk Buat Pesanan Bubur 

POSAKTUAL.COM - Salah satu restoran bubur terkenal di China, tertangkap menggunakan makanan bekas pengunjung untuk diolah menjadi makanan baru.

Menggunakan makanan sisa atau makanan bekas pengunjung, menjadi makanan baru untuk pengunjung lainnya tentu saja tidak higienis. Tapi hal ini lah yang dilakukan beberapa pegawai di restoran Man Ling, yang terkenal dengan menu buburnya.
 
Dilansir dari SCMP (18/03), Man Ling memiliki lebih dari seribu gerai di China. Salah satu gerainya tertangkap menggunakan makanan bekas untuk diolah menjadi makanan baru, serta beberapa pegawai di sana memasak tanpa mencuci tangan mereka.

Dalam rekaman video yang ditayangkan Fujian Television, tampak seorang pegawai Man Ling mengambil beberapa iga babi bekas dari sisa sup yang tidak dimakan pelanggan. Kemudian iga babi itu ia gunakan untuk memasak bubur daging pesanan pembeli lainnya.

"Iya, ini memang makanan sisa. Kami masak lagi," tutur pengakuan salah satu pengawai di sana.

Video itu juga menangkap beberapa pegawai yang bertugas di dapur, memasak dan memegang makanan dengan tangan mereka yang kotor.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, kejadian ini terjadi di gerai Man Ling yang ada di kota Fuzhou. Tak lama setelah video ini viral, gerai restoran itu langsung ditutup untuk diselidik lebih lanjut.

Tak hanya Man Ling yang tersangkut kasus penggunaan makanan sisa. Sanmi Congee, restoran bubur lainnya yang juga memiliki ribuan gerai di China juga diketahui melakukan hal yang sama.

Sanmi Congee tertangkap memperkerjakan orang tanpa sertifikat kesehatan, yang menjadi syarat wajib di China. Kemudian dapur dan kebersihan makanan di Sanmi Congee juga tidak terjaga.

Menanggapi kasus ini, pihak Man Ling dan Sanmi Congee langsung meminta maaf. Kedua restoran ini mengakui adanya kelalaian dalam sistem kebersihan dan kemanan restoran mereka.

Mereka juga sudah menutup gerai restoran terkait, dan mengeluarkannya dari sistem aplikasi makanan online.

Diketahui sebelumnya kedua restoran bubur ini dikenal dengan makanan sehat yang murah. Banyak orang yang memesan bubur mereka dari aplikasi online.

Bahkan dalam satu tahun, restoran Man Ling bisa menjual lebih dari 180 juta mangkuk bubur dalam satu tahunnya.

Banyak orang yang kecewa dengan penemuan ini. Apalagi mereka yang suka membeli bubur di Man Ling dan Sanmi Congee.

Kejadian serupa juga sering terjadi di beberapa restoran di China. Seperti restoran Chinese Grace di High Street. Karena dapur restoran ini terlalu ktoro dan jorok, sang pemilik bernama Zhi Zhao sampai harus dipenjara.[detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam