Fenomena ‘Aneh’ Kemunculan 100 Lubang Raksasa Usai Gempa Kroasia - POSAKTUAL.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena ‘Aneh’ Kemunculan 100 Lubang Raksasa Usai Gempa Kroasia

Fenomena 'Aneh' Kemunculan 100 Lubang Raksasa Usai Gempa Kroasia 

POSAKTUAL.COM - Fenomena aneh dan berbahaya terjadi di Kroasia bagian tengah. Lubang raksasa tercipta di lahan dan permukiman. Ada (lubang) yang ‘menelan’ rumah.

Fenomena ini terjadi usai gempa 2 bulan lalu. Tepatnya pada akhir Desember 2020. Gempa terjadi dua kali, berkekuatan M 5,2 dan M 6,3, juga menimbulkan 7 warga di sekitar Kota Petrinja tewas

Lubang raksasa muncul terus-menerus. Kini jadi ancaman tersendiri.
 
“Usai gempa, hujan mengguyur deras yang membuat situasi kian memburuk. Hanya air, air, dan air di semua tempat,” tutur warga Desa Borojevici, Radojka Vidovic.

Kurang dari 2 bulan usai gempa, 100 lubang raksasa tercipta di berbagai sudut desa. Ilmuwan kaget dengan fenomena ini. Biasanya proses terciptanya lubang memakan waktu lama. Bisa tahunan, hingga ratusan tahun.

Ahli Geologi Kroasia, Josip Terzic, teenage mempelajari fenomena ini. Dia dan tim berencana menggunakan berbagai metode untuk eksplorasi. Mereka sudah mendapatkan sampel geofisika, seismik, dan kelistrikan.

“Kami akan melakukan pemetaan terhadap lubang terbesar, termasuk melihat struktur dan kandungan di dalamnya (lubang). Sejauh yang kita tahu, lubang ini berkedalaman 12 hingga 15 meter,” katanya.
 
Ilmuwan dari Slovenia dan Italia dilaporkan ikut meneliti fenomena ini. Mereka penasaran bagaimana gempa bisa dengan sangat cepat berpengaruh pada aliran air dan sedimen bawah tanah.
 
Sumber: detik.com

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close