Kuota Belajar Cair Bulan Ini, Berikut Ulasannya

Kuota Belajar Cair Bulan Ini, Berikut Ulasannya 

POSAKTUAL.COM - Program bantuan kuota belajar 2021 akan kembali dicairkan kembali kepada setiap guru, murid, dosen, dan mahasiswa. Bantuan kuota bakal disalurkan per bulan Maret ini hingga 3 bulan ke depan. Menteri Pendidikan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan kuota belajar tiap bulannya akan diberikan setiap tanggal 11 hingga 15. Bantuan kuota ini akan berlaku selama 30 hari alias sebulan.

“Kami akan melanjutkan kebijakan kuota ini selama 3 bulan ke depan. Mulai bulan ini, bulan Maret 2021,” kata Nadiem dalam konferensi pers virtual via YouTube, Senin (1/3/2021).

1. Kuota Belajar Lebih Kecil

Namun, Nadiem mengungkapkan ada sedikit perbedaan dalam program bantuan kuota belajar 2021. Bila dibandingkan dengan bantuan kuota di tahun 2020 lalu, tahun ini kuota yang diberikan lebih kecil. Meskipun lebih kecil, Nadiem menegaskan kuota yang kali ini disalurkan akan bersifat kuota umum. Artinya, penggunaan kuota belajar 2021bisa menjangkau lebih banyak situs dan aplikasi.
 
“Tapi ada sedikit perbedaan, karena kami dengar banyak masukan dari masyarakat untuk meningkatkan fleksibilitas kuota internet. Kami akan berikan kuota belajar dengan giga yang lebih kecil dari kuota belajar sebelumnya. Tapi ini kuota umum, jadi semua akses ke seluruh laman dan aplikasi kecuali aplikasi yang diblokir bisa dilakukan,” papar Nadiem.
 
Bantuan yang akan diberikan sebesar 7 GB per bulan untuk peserta didik jenjang PAUD, kemudian 10 GB per bulan untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah. Kemudian, bagi pendidik atau guru PAUD, jenjang dasar, dan menengah akan mendapatkan kuota belajar 2021 sebesar 12 GB per bulan. Terakhir, untuk dosen dan mahasiswa mendapatkan bantuan kuota belajar sebesar 15 GB per bulan.

2. Semua Pendidik dan Peserta Didik Dapat Kuota Belajar

Nadiem menjelaskan semua pendidik dan peserta didik yang sudah pernah mendapatkan kuota belajar pada program bantuan kuota belajar tahun lalu otomatis akan mendapatkan kembali bantuan kuota tahun ini. Asalkan, nomor yang didaftarkan masih aktif.

“Siapa yang berhak menerima bantuan kuota ini? Pastinya yang sudah pernah mendapatkan kuota pada bulan November dan Desember 2020, plus nomornya masih aktif. Maka akan otomatis menerima bantuan kuota di Maret 2021,” jelas Nadiem.

Meski begitu ada beberapa pendidik dan peserta didik yang tidak lagi diberikan bantuan kuota belajar tahun ini. Nadiem menjelaskan bagi penerima bantuan pada tahun lalu yang menggunakan kuota belajarnya di bawah 1 GB tidak akan lagi menerima bantuan kuota belajar tahun ini.

“Ada juga beberapa pengecualian, bagi yang kemarin diberikan (bantuan kuota belajar), tapi penggunaannya kurang dari 1 GB, artinya tidak digunakan. Jadi data yang diberikan ini tidak akan diberikan kembali,” tegas Nadiem.
 
Nadiem juga menjelaskan bagi guru dan murid yang sebelumnya belum menerima kuota belajar tahun 2020 baru akan bisa mendapatkan kuota belajar di bulan April 2021. Itu pun harus melakukan melapor kepada pimpinan satuan pendidikan untuk bisa didaftarkan nomor handphonenya.
 
“Bagi yang nomernya berubah atau belum menerima kuota sebelumnya, mereka hanya akan bisa menerima bantuan kuota di bulan april 2021. Calon penerima harus melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021,” ujar Nadiem.

3. Syarat Penerima Bantuan Kuota Belajar

Syarat bagi penerima bantuan kuota belajar pun tidak berubah, bagi murid dan guru PAUD, jenjang dasar dan menengah wajib terdaftar di aplikasi Dapodik. Kemudian memberikan nomor ponsel yang aktif, untuk murid bisa menggunakan nomor ponsel orang tua atau wali.

Sedangkan untuk mahasiswa syaratnya harus berstatus mahasiswa aktif menuntaskan perkuliahan ataupun gelar ganda, dan terdaftar dalam aplikasi PDDikti. Mahasiswa yang mau mendapatkan bantuan kuota juga wajib memiliki Kartu Rencana Studi, dan melampirkan nomor ponsel yang aktif.

Terakhir syarat bagi dosen yang mau menerima kuota belajar 2021 adalah terdaftar dalam aplikasi PDDikti dan berstatus aktif mengajar. Dosen yang mau menerima bantuan juga wajib memiliki nomor registrasi, dan melampirkan nomor ponsel yang aktif.[idtoday]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam