Warga Kongo Temukan 'Gunung Emas', Setelah Ditambang Emasnya Malah Diambil Polisi - POSAKTUAL.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warga Kongo Temukan 'Gunung Emas', Setelah Ditambang Emasnya Malah Diambil Polisi

Warga Kongo Temukan 'Gunung Emas', Setelah Ditambang Emasnya Malah Diambil Polisi 

POSAKTUAL.COM - Warga Republik Demokratik Kongo dihebohkan dengan penemuan sebuah gunung yang disebut-sebut penuh dengan emas.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat sekumpulan orang menggali dengan sekop dan memasukkannya ke dalam karung.

Tanah tersebut diklaim memiliki emas. Dalam video lain, tampak orang-orang sedang mencuci tanah yang mereka gali dan terlihat butiran-butiran emas berkilauan.

Video ini mulai viral ketika diunggah oleh seorang jurnalis lepas bernama Ahmad Algohbary, ke Twitter.

“Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa di negara ini, ketika seluruh gunung yang dipenuhi dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah di dalam endapan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran & mengekstraksi emas,” tulis Ahmad Algohbary.

"Gunung Emas" tersebut terletak di sebuah desa yang berada di 35 km dari utara Bukavu, Ibu Kota Kivu, Kongo. Sejak banyak warga berdatangan untuk menggali emas, pemerintah langsung mengirim polisi.

Polisi dikerahkan untuk menjaga ketertiban dan mengambil kembali emas yang telah ditambang oleh warga desa. Menurut pemerintah, gunung tersebut masuk dalam wilayah pertambangan yang memiliki pekerja resmi.

Menteri Pertambangan negara bagian Kivu Selatan, Vernant Burume Muhigirwa, mengeluarkan ultimatum agar warga menghentikan aktivitas penambangan ilegal di Kivu Selatan.

“Ketertiban harus ditegakkan kembali dalam kegiatan pertambangan di Luhihi, tidak hanya untuk melindungi kehidupan tetapi juga untuk memastikan pencarian emas yang diproduksi sesuai dengan hukum Kongo,” tegas Menteri Pertambangan.

Kongo memang daerah yang kaya dengan mineral berharga dan logam mulia. Sayangnya, justru banyak warga yang hidup di bawah garis kemiskinan.[sumber: indozone]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close