Pele, Sang Raja Sepakbola itu Berpulang - POSAKTUAL.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pele, Sang Raja Sepakbola itu Berpulang

 

POSAKTUAL.COM -  Pele meninggal dunia di usia 82 tahun. Raja sepakbola itu berpulang.

Pele dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (30/12/2022) dini hari WIB. Kepada AP, agennya menyatakan legenda Brasil itu tutup usia di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo.

Pele memang dirawat intensif di rumah sakit sejak sebelum Natal. Ia tengah berjuang dari kanker kolon, yang dideritanya sejak September 2021.

Meninggalnya Pele membuat Sang Raja Sepakbola itu berpulang. Ya, Pele memang Rajanya Sepakbola.
 
Pele memang dijuluki O Rei do Futbol alias Raja Sepakbola. Ia menjadi satu-satunya orang yang bisa memenangi Piala Dunia sebanyak tiga kali.

Pele membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia pada 1958, 1962, dan terakhir 1970. Pada 1958, Pele memulai debutnya tampil di Piala Dunia dalam usia 16 tahun, dan langsung membawa Selecao juara.

Pele juga tampil apik dengan membuat 6 gol sepanjang turnamen, termasuk dua gol di partai final. Ia menjadi pemain muda terbaik, dan masuk dalam Starting XI terbaik Piala Dunia 1958.

Total, Pele punya 97 caps untuk Timnas Brasil dengan catatan 77 gol, terbanyak sejauh ini, dan baru disamai oleh Neymar di Piala Dunia 2022. Sementara di level klub, catatan golnya lebih gila lagi.

Pele, yang membela Santos dan New York Cosmos, punya catatan 680 gol. Namun, ada catatan yang menyebutkan bahwa Pele sudah membuat 1279 gol dari 1363 pertandingan, termasuk di laga persahabatan, yang masuk buku rekor dunia Guinnes.

Kemudian, puluhan trofi dari klub dan timnas Brasil juga ia persembahkan. Tak lupa, rentetan gelar individu, dari Ballon d'Or hingga pemain terbaik FIFA juga bisa disandangnya.

Atas capaiannya, FIFA bahkan menyebut Pele sebagai yang terhebat sepanjang masa. Pele disebut layak menyandang gelar Raja Sepakbola.[detik]
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam