Kabar Terbaru Kondisi David Korban Mario Dandy, Ini Penjelasan Dokter

 

POSAKTUAL.COM - Kondisi terkini David masih menjalani perawatan di rumah sakit. Seperti diketahui, David dirawat di Rumah Sakit Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan setelah menjadi korban penganiayaan Mario Dandy Satriyo (20).
Per Selasa, 28 Februari 2023, tim dokter RS Mayapada memberikan keterangan terbaru terkait kondisi Cristalino David Ozora (17) atau David Latumahina, remaja berusia 17 tahun itu. Berikut informasinya.

Kondisi Terkini David: Alami Perkembangan Signifikan
Tim dokter Rumah Sakit (RS) Mayapada menjelaskan kondisi terbaru David. Konsultan Perawatan Intensif dr Franz JV Pangalila mengungkapkan kesehatan David mengalami perkembangan signifikan.

"Jadi begini, anak David ini memasuki hari ke-4 ke-5 di Mayapada Kuningan. Setelah memasuki 4 sampai 5 hari dia mengalami perkembangan yang cukup signifikan, progressive," ungkap dr Franz saat jumpa pers di RS Mayapada, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Meskipun demikian, tim dokter masih melakukan perawatan intensif terhadap David. David juga perlu diobservasi secara ketat.

"Jadi perkembangannya sangat menyenangkan semuanya. Tetapi saya harus mengatakan kebetulan ini masih dalam perawatan diintensifkan ini kemungkinan-kemungkinan itu masih bisa terjadi juga. Jadi kita masih perlu observasi yang sangat ketat," katanya.

"Tapi sekali lagi, jika dibanding 4-5 hari lalu, keadaannya sudah lebih baik. Terus kita masih memerlukan satu optimalisasi," tambah Franz.

Kondisi David Semakin Membaik
Tingkat kesadaran David membaik. Hal ini diketahui dari tingkat Glasgow coma scale (GCS), alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kesadaran seseorang.

"Ya memang untuk kesadarannya itu ada perbaikan saya sampaikan saya mengatakan saya sebut saja ini sesuatu yang sangat umum. Pada saat dia masuk itu GCS-nya gles itu sekitar 4," kata konsultan perawatan intensif, dr Franz JV Pangalila, Selasa (28/2/2023).

"Orang seperti kita itu biasanya 15 dan sekarang ini sudah mencapai 8-9, terus itu merupakan perkembangan yang sangat signifikan dan ini terjadi pada waktu 4-5 hari," imbuhnya.
 
David Keluar dari Masa Koma
Dokter spesialis saraf Gibran Aditiara Wibawa juga menyampaikan kondisi terkini David. Ia mengatakan David sudah keluar dari fase koma.

"Anak David sudah keluar dari stages of coma (koma), sudah keluar, improve sekali," ungkap Gibran, Selasa (28/2/2023).

Tim Dokter Soal David Alami Diffuse Axonal Injury
Sempat beredar kabar jika David mengalami diffuse axonal injury (DAI) atau jenis tertentu dari cedera otak. Namun tim dokter RS Mayapada menegaskan tidak ada dasar yang menyebut David mengalami DAI.

"Kalau DAI itu dari mana itu DAI? Itu ada kriteria, dan tidak gampang menyebut langsung DAI, itu terlalu teledor kalau ngomong DAI, dasarnya apa?" kata konsultan perawatan intensif dr Franz JV Pangalila di RS Mayapada, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

"Itu terlalu teledor kalau kita sebut DAI, dasarnya apa. Gitu kira-kira," sambungnya.

Franz mengatakan perlu ada diagnosis mendalam untuk memastikan apakah David mengalami DAI. Ia juga menjelaskan hal tersebut tergantung pada respons David.

"Ya tergantung responslah, itu masih perlu sekian hari, saya tidak bisa katakan pasti. Nanti saya katakan lalu kok belum kenapa sampai sekarang masih. Oh nggak bisa, ini sangat relatif," jelasnya.

David Alami Trauma di Kepala
Cristalino David Ozora atau David Latumahina alias David disebut mengalami trauma di kepala atau anomia. Kondisi itu adalah imbas dianiaya oleh Mario Dandy Satriyo, anak eks pejabat pajak.

"Saya tegas menyatakan untuk kerusakan kita tidak bisa detail dulu, karena ini masih dalam perkembangannya," ujar dokter konsultan perawatan intensif Franz J V Pangalila, Selasa (28/2/2023).

"Tapi yang jelas ini ada ya, bahasa anomia trauma kepala," sambungnya.

Tim dokter tidak bisa menjelaskan secara rinci mengenai trauma di kepala David. Saat ini, tim dokter masih melihat perkembangan David.

"Kita semua tahu juga. Tapi apa yang menjadi masalah di dalamnya itu kita belum bisa. Karena ini masih bisa berkembang ya. Kita harus hati-hati di situ," ungkap Franz.

Kemudian, Franz memastikan kondisi terkini David cukup stabil.

"Tapi yang jelas yang penting hasil akhirnya sampai saat ini detik ini keadaan cukup stabil," jelas Franz.[detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam