Mamah Muda di Kampung Melayu Mengeluh Kebanjiran, Bayi 2 Bulan Diungsikan

 

POSAKTUAL.COM - Banjir setinggi sekitar 1,5 meter masih menggenangi Jalan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur (Jaktim). Nadia (21), seorang ibu dengan bayi umur 2 bulan, harus mengungsi imbas banjir tersebut.
Pantauan detikcom di lokasi, Senin (27/2/2023) pukul 10.45 WIB, terlihat ketinggian air hampir 1,5 meter. Titik lokasi banjir ini tepatnya di RT 13 RW 04 dan RT 11 RW 05. Sejumlah personel kepolisian sedang melakukan evakuasi lansia dan balita di lokasi banjir.

Nadia mengaku kebingungan saat air banjir tiba-tiba lolos masuk ke rumahnya. Terlebih, Nadia hanya tinggal berdua dengan suami sehingga kerepotan menyelematkan barang-barangnya saat banjir menerjang.

"Iya saya kan punya anak kecil, untuk keluhan banjir kayak gini sih saya jadi bingung sendiri karena saya, pertama, masih muda. Saya tinggal berdua doang sama suami. Nah beres-beresin barang di bawah, anak juga masih 2 bulan. Masih bayi banget," kata Nadia ditemui detikcom di lokasi.
 
Nadia mengatakan posisi rumahnya berada di Jalan Kebon Pala yang kontur tanahnya menurun sehingga banjir cukup tinggi menggenang. Saat ini, Nadia menitipkan sang bayi di rumah Ibundanya.

"Saya rumahnya di bawah, itu tenggelem. TV aja udah nggak kelihatan. (Bayi) sekarang di rumah ibu," katanya.

Selain itu, Nadia mengkhawatirkan anak-anak di sekitar yang terdampak banjir menjadi rentan sakit. Nadia membutuhkan bantuan.

"Iya ini banjir kan jadi lingkungannya kotor. Khawatirnya pada sakit. Butuh bantuan," ujar dia.
 
Ratna Sari (34), seorang ibu hamil, mengeluhkan serupa. Ratna mengeluhkan banjir langganan di lokasi membuatnya terhambat mencari pundi rupiah.

"Kalau keluhan ya satu, saya jadi nggak bisa dagang, nggak bisa cari uang. Udah gitu nggak ada ransuman juga, kita laper kalau lagi nggak punya uang kayak gini," kata Ratna di lokasi.

Ratna menyinggung kerap ada petugas yang melakukan dokumentasi di lokasi banjir sekitar rumahnya. Namun, dia menyebut bantuan ransum tak kunjung datang.

"Keluhannya ya itu, laper. Kalau lagi nggak punya uang kan. Orang pada datang foto, foto, foto tapi nggak asa ransuman," kata Ratna.[deti]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com | Folow Threads: https://www.threads.net/@kontenislam

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam